Jumat, 13 Juli 2012

Roda Pedati,Jejak Pedati


Siklus kelahiran kembali adalah seperti sebuah roda pedati. Ibarat seekor lembu sedang menarik pedati.Jika lembu tersebut tetap menarik pedati tanpa berhenti, maka jejak pedati akan terus menghapus jejak lembu tanpa berhenti. Roda pedati tidaklah panjang, tetapiia bulat. Kamu bisa mengatakan bahwa roda pedati itu panjang, tetapi panjang mereka itu adalah bulat.
Kita melihat kebulatan roda tersebut, kita tidak melihat panjangnya.
Sepanjang lembu itu menarik pedati tanpa berhenti,maka roda pedati akan terus berputar tanpa henti.Hingga suatu hari lembu tersebut berhenti. Dia capek. Dia menjatuhkan lukunya –kayu pikul.
Si lembu kemudian pergi, meninggalkan pedatinya. Roda pedati berhenti dengan sendirinya. Jika kamu meninggalkan pedati tersebut di sana dalam waktu yang lama, maka mereka akan hancur membusuk menjadi tanah, air, angin, dan api, kembali menjadi rumput dan debu.Ini sama halnya dengan orang yang masih membuat kamma: mereka tidak menuju ke pembebasan. Orang yang hanya membicarakan kebenaran tidak menuju ke pembebasan. Orang dengan pandangan yang salah tidak menuju ke pembebasan.



(Insight Vidyâsenâ Production)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar